Chaplain

Renungan 27 Oktober 2019

MARI MERAPIKAN RUMAH KITA

Cobalah sesekali kelilingi rumah anda. Dan anda akan menemukan banyak barang yang sebenarnya tidak anda gunakan lagi. Ada kardus kosong, sandal dan sepatu, barang elektronik, majalah dan kertas-kertas. Demikian juga kalau anda masuk ke dalam rumah, apartemen atau bahkan kamar pribadi  dan menatap searah jarum jam, akan dijumpai juga banyak barang yang sebenarnya tidak digunakan. Rumah dan kamar yang terlalu banyak barang ternyata mempengaruhi ketentraman hati. Kamar yang penuh barang membuat hati terasa terhimpit. Namun anehnya kita selalu suka berbelanja dan menambah barang-barang kita. Berbelanja barang-barang yang sebenarnya kurang kita perlukan.

Mulai dari Kamar

Irama hidup harian sebaiknya dimulai dengan kamar. Jika kamar kita rapi, hati kita juga akan tenang dan tentram. Setelah kamar beranjak ke rumah. Rumah yang rapi, lapang dan (bila mungkin) sejuk, akan menciptakan kebahagiaan dalam keluarga. Sebaliknya rumah yang amburadul juga akan mudah menyulut emosi. Kamar dan rumah yang rapi akan mempengaruhi pekerjaan kita. Pergi dengan hati damai, kala pulang segera dipeluk kedamaian. Alangkah baiknya kalau kita secara berkala membersihkan dan mengatur ulang rumah dan kamar kita.

Urut-ururan membersihkan kamar/rumah

Membersihkan kamar dan rumah ternyata menjadi obyek studi. Banyak seminar dan acara TV seperti di BBC Knowledge telah membahasnya. Hal itu membuat saya semakin yakin bahwa aktivitas mengatur ulang dan membersihkan kamar sangat berguna. Pengetahuan tentang urut-urutan mengatur kamar sangatlah diperlukan. Saya sendiri sudah merasakan manfaatnya, karena saya –seperti anda juga, perlu mengatur kembali kamar dan rumah minimal setahun sekali, dan harus membuang banyak barang. Dan kamar yang rapi dan efisien sangat membuat nyaman dalam bekerja. Dari beberapa sumber (tv program, artikel) saya berusaha menyusun urut-urutan menata kamar/rumah sebagai berikut:

  1. Sediakan waktu yang cukup

Membersihkan dan merapikan kamar/rumah sangat menyenangkan. Namun kita membutuhkan waktu yang cukup. Hal pertama yang anda perlukan adalah menyediakan waktu yang mencukupi supaya selesai tuntas. Kita tidak bisa membereskan kamar hanya dalam waktu satu jam. Untuk rumah yang tidak rapi bisa dua hari baru selesai. Maka sediakanlah waktu yang cocok untuk acara bersih-bersih rumah.

  1. Apa yang penting bagi anda sekarang?

Hal kedua yang dibuat adalah menentukan hal apa yang penting. Yang penting itu bisa berupa pekerjaan, proyek, urusan rumah tangga,  tanggungjawab, fungsi dalam masyarakat atau hoby. Misalkan yang penting bagi anda sekarang ini adalah: menjadi bendahara pembangunan gereja, mengajar, memancing bersama keluarga, memasak, dll. Memutuskan apa yang penting akan menentukan pengaturan kamar atau rumah kita.

  1. Memberi Nama pada rak/Almari/Kotak

Setelah anda tahu tentang apa yang penting bagi anda sekarang ini, anda mulai menamai rak-rak yang sudah ada. Jika  kurang, sedikanlah kotak-kotak, namun sebaiknya yang kuat agar bisa dipakai untuk menyimpan barang. Alat penyimpanan itu harus diatur berdasarkan bentuk dan jenisnya, misalnya buku disatukan dengan buku, warna dan ukuran yang hampir sama. Yang kedua diatur sesuai fungsinya misalnya alat bermain anak, alat olahraga, alat permbersih dan seterusnya.

  1. Mensortir barang anda

Mensortir barang sangat menyenangkan. Karena kita akan terkaget-kaget karena ternyata memiliki banyak barang, yang sering anda tidak sadari. Bahkan barang yang kita sangka sudah hilang ditemukan kembali. Demikian juga kita akan heran karena ada banyak barang yang tidak efektif kita gunakan: obat suplemen yang tidak habis dikonsumsi, buku separo terisi, baju yang tidak pernah dipakai lagi, dll. Pengalaman saya mensortir barang akan menyenangkan dengan:

  1. Disediakan sebuah meja yang cukup besar untuk menaruh barang-barang anda.
  2. Searah jarum jam, ambillah barang-barang yang anda miliki yang mungkin ditaruh di atas meja, seperti buku, kertas, peralatan,dll.
  3. Setiap barang yang disortir anda harus memutuskan:
    • Apakah masih digunakan sekarang ini?

Jika Jawabannya  Tidak:

Anda bisa membuangnya. Sering kali rumah kita begitu penuh karena barang-barang yang sebenarnya sudah harus dibuang seperti koran bekas, undangan-undangan, vas bunga hadiah teman, barang-barang rusak, obat kedaluwarsa, dll.

Menjualnya: barang yang masih bagus tetapi tidak dipakai, bisa kita jual dengan harga murah. Tumpukan koran, besi tua, majalah bisa kita jual.

Mengalih fungsikan: misalnya pakaian yang sudah tua dijadikan lap.

Suatu saat mungkin diperlukan: berarti harus disimpan di tempat yang sudah ditentukan. Namun harus disimpan bersih dan rapi. Prinsipnya ketika menyimpan barang anda harus akan dengan mudah mendapatkannya.

    • Jika Masih digunakan

Sementara dikerjakan:

Berarti harus ditempatkan di tempat yang mudah untuk ditemukan.

Sering digunakan

Ditempatkan di tempat yang mudah dilihat untuk ditemukan dan digunakan.

Setelah selesai merapikan rumah, anda akan merasakan damai. Ingat bahwa rumah yang rapih akan membuat penghuninya merasa krasan dan gembira.

Namun tugas anda belum selesai. Anda harus menjaganya agar tetap bersih dan rapi. Maka diperlukan yang namanya disiplin. Dalam ruang yang lebih lapang anda akan lebih bahagia seperti semboyan Luxury in simplicity: Kemewahan dalam kesederhanaan.

Saudaramu dalam Tuhan,

Fr. Petrus Suroto MSC