Site icon CIC Sydney

Pengumuman Tentang Misa

Para saudaraku, umat CIC yang terkasih dalam Tuhan,

Mulai 1 Juli 2020, Archdiocese of Sydney, seiring dengan peraturan Government, sudah menetapkan bahwa kegiatan menggereja “Return to Ordinary”. Maka ada beberapa hal yang, setelah berkonsultasi dengan para Koordinator, perlu saya sampaikan:

Mengikuti Perayaan Ekaristi di Gereja.
Doa yang paling tinggi tingkatannya adalah Ekaristi. Karena di dalam Ekaristi, “dengan pengantaraan Kristus, bersama Kristus dan dalam Kristus” kita mempersembahkan persembahan sempurna kepada Bapa dan mohon berkat akan kebutuhan-kebutuhan kita. Dalam Ekaristi sebagai keluarga kita hadir dalam persembahan Kristus dan menerima makanan surgawi. Maka mari kita kembali kepada Ekaristi di Gereja.

The four square metre rule
Namun kita harus tetap ingat bahwa sebelum diketemukannya vaksin, maka COVID- 19 masih tetap menjadi bahaya yang mengancam. Dan komunitas etnis seperti CIC termasuk yang memiliki resiko yang tinggi. Untuk itu harus ditegaskan jarak 1 orang untuk setiap 4 m2. Maka para koordinator perlu menghitung jumlah maksimal dari kapasitas Gereja. Gereja Katedral bisa mengakomodasi 500-600 orang. Kensington menurut Pastor Alo Lamere MSC menampung 65 orang.

Aturan ini juga berlaku untuk doa pribadi, pengakuan dosa, sakramen babtis, perkawinan, Adorasi Ekaristi, Ibadat ofisi, bible study, rosario. Jika ada aula yang lebih besar dari Gereja dianjurkan agar Ekaristi dipindahkan ke ruangan yang lebih besar.

Pendaftaran
Walaupun aturan sudah dilonggarkan, Umat tetap harus mengisi daftar hadir. Mendaftar sebelumnya lewat online akan diprioritaskan, tetapi diperbolehkan untuk langsung mendaftar di depan pintu masuk Gereja. Dengan catatan, jika belum mendaftar sebelumnya tetapi langsung di pintu Gereja, dan ternyata tempat sudah habis harus rela untuk mengikuti misa di luar Gereja.

Informasi pendaftaran misa CIC bisa di lihat di sini.

Yang kurang sehat dan Menambah Jumlah Misa
Umat yang kurang sehat atau berada dalam kategori beresiko tinggi harus tinggal di rumah. Para Imam wajib misa hari Minggu. Umat yang sehat datang ke Perayaan Ekaristi Hari Minggu.

Di Paroki yang umatnya banyak dianjurkan untuk menambah jumlah misa untuk mengakomodasi umat. Di CIC, Chaplain bersedia untuk menambah jumlah misa, tetapi sebaiknya tidak lebih dari 3 misa pada hari Minggu. Karena dalam Hukum Gereja, misa yang keempat harus mendapatkan izin dari atasan.

Liturgi Kita Harus Simpel
Liturgi kita menurut direksi dari Keuskupan harus dilakukan dengan simpel. Itu berarti:

Saudaramu dalam Tuhan,

Rm. Petrus Suroto MSC

3 Juli 2020

Directives for Churches and Liturgies for the Archdiocese of Sydney under current COVIDSafe restrictions from 1 July 2020
Notice to be posted near church doors and parish websites

From Wednesday 1 July 2020:

The parish priest or designated delegate must supervise this:

Exit mobile version